31/08/2018

Pengertian Jaringan Wireline Serta Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Jaringan Wireline Serta Kelebihan dan Kekurangan - Sejarah telepon kabel atau wireline bermula dari penemuan alat komunikasi yang mampu menghubungkan antara dua orang pada jarak yang berjauhan dalam bentuk suara, dengan menggunakan bantuan kabel. Tepatnya pada tahun 1871 oleh seorang yang bernama Antonio Meucci. Penemuannya ini dinamakan dengan Sound Telegraph. Dari sinilah awal mula perkembangan telepon kabel pertama kali. Dan setelah melalui berbagai perkembangan, sampai sekarang telepon wireline ini masih digunakan dimana-mana. Bahkan kemudian dalam perkembangannya telepon kabel berkembang pula menjadi telepon nirkabel atau tanpa kabel (wireless).
Wireline

Pengertian Jaringan Wireline Serta Kelebihan dan Kekurangan
Wireline adalah media transmisi dengan menggunakan kabel sebagai perantara antara pengirim dan penerima. Wireline biasanya digunakan untuk jaringan di dekat seperti di kantor atau gedung. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kabel dapat digunakan untuk jaringan komunikasi jarak jauh, seperti telepon dan koneksi Internet.

  1. LAN (Local Area Network)
Local Area Network adalah jaringan yang terdapat di gedung atau kantor. Umumnya dimiliki oleh perusahaan atau organisasi tertentu. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer yang terdapat di gedung atau kantor. Komputer terhubung untuk berbagi sumber daya yang ada di kantor. LAN memungkinkan perusahaan atau pabrik untuk menggunakan sumber daya (seperti printer) bersama-sama. Selain itu LAN juga memungkinkan komputer berkomunikasi satu sama lain dan bertukar informasi. Komputer yang terhubung dalam satu LAN umumnya hanya berjarak beberapa kilometer, bahkan sebagian besar LAN juga digunakan untuk menghubungkan komputer dalam satu gedung.

  1. MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network adalah versi jaringan LAN yang lebih besar. MAN umumnya digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang terletak berdekatan. Misalnya, kantor-kantor pemerintah yang ada di kota, dapat dihubungkan dengan MAN. Ini dibuat untuk tujuan berbagi data antara satu agen dan yang lain. MAN mampu mendukung data dan suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

  1. WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah yang sangat luas dalam hal geografi. WAN hanya dapat mencakup suatu negara atau benua.

  1. Internet
Internet adalah jaringan komputer yang sangat besar yang dapat mencakup seluruh dunia. Orang yang terhubung ke Internet berarti bahwa mereka terhubung ke semua komputer di dunia yang juga terhubung ke Internet.

JENIS-JENIS KABEL WIRELINE
  1. Kabel terpilin
Kabel ini umumnya digunakan sebagai konektor telepon dengan saluran telepon. Masing-masing dari dua kabel diputar satu sama lain untuk mengurangi interferensi elektromagnetik ke kabel lain atau ke sumber eksternal. Kabel ini juga dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dalam jaringan dengan menghubungkannya dengan hub dan switch.

  1. Kawat koaksial
Kabel ini adalah kabel yang dibungkus logam lunak dan memiliki tingkat transmisi yang tinggi jika dibandingkan dengan kabel bengkok. Namun, harganya relatif lebih mahal. Kabel ini biasanya digunakan untuk menghubungkan peralatan video, jaringan radio, dan juga untuk jaringan komputer, terutama Ethernet.

  1. Kabel Serat Optik
Kabel ini terdiri dari serat - serat optik, yang serat terbuat dari serat kaca yang sangat tipis pada diameter rambut manusia. Kabel ini memiliki kecepatan transfer data 10 kali kabel koaksial. Kabel ini umumnya digunakan untuk mentransmisikan data digital dari jarak jauh dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada jaringan kabel lain atau tanpa kabel.

Meskipun saat ini banyak periferal nirkabel, beberapa pengguna masih memilih perangkat berkabel, karena memiliki beberapa keuntungan dibandingkan perangkat nirkabel. Kelebihan dan kekurangan jaringan kabel, antara lain :

 Kelebihan Jaringan Wireline
  1. Transmisi data 10 s.d. 100 Mbps,
  2. Delay atau waktu koneksi antarkomputer cepat,
  3. Transmisi data berjalan dengan lancar
  4. Biaya peralatan terjangkau

Kekurangan Jaringan Wireline
  1. Penggunaan terbatas pada satu tempat yang terjangkau kabel,
  2. Waktu untuk instalasi lama
  3. Membutuhkan tempat dan lokasi jaringan permanen
  4. Membutuhkan biaya perawatan rutin
  5. Sulit untuk berpindah tempat

Demikian informasi tentang Pengertian Jaringan Wireline Serta Kelebihan dan Kekurangan. Maaf jika ada kekurangan, silahkan tambahkan beberapa kekurangan pada artikel di kolom komentar. Saya harap informasi ini bermanfaat.

1 comment:

  1. Pengertian Jaringan Wireline Serta Kelebihan Dan Kekurangan - Blodroi >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengertian Jaringan Wireline Serta Kelebihan Dan Kekurangan - Blodroi >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengertian Jaringan Wireline Serta Kelebihan Dan Kekurangan - Blodroi >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 6H

    ReplyDelete