01/01/2019

Cara Menghapus Virus di Android

Cara Menghapus Virus di Android - Android dikenal rentan terhadap serangan virus atau malware yang termasuk dalam aplikasi. Ini bukan hanya karena kemudahan pembuatan aplikasi, tetapi juga persyaratan ketat dan pemilihan aplikasi di Google Play Store itu sendiri. Menggunakan Antivirus bisa menjadi solusi, tetapi bagaimana jika virus itu muncul tertanam dalam aplikasi Antivirus? Saya akan memberi Anda cara untuk menyingkirkan virus di Android Anda tanpa Antivirus. Perlu menginstal aplikasi Antivirus di Android? Anda dapat mengurutkan jawaban Anda sendiri. Namun, jika Anda ingin tahu apakah ada virus di ponsel cerdas Anda, Anda dapat menggunakan metode ini.
Virus Android

Cara Menghapus Virus di Android
Melakukan factory reset selalu disebut sebagai cara ampuh untuk menghilangkan virus di Android kamu. Tapi, resikonya kamu hilang semua data dan yang terpasang di Android kamu. Bisa saja instal lagi, tapi apa kamu bisa menjamin aplikasi itu tidak membawa virus? 

  1. Masuk ke Safe Mode
Masukke Safe Mode akan memungkinkan Android kamu untuk beroperasi lebih ringan karena hanya menjalankan aplikasi inti yang dibawa sistem. Saat berada di Safe Mode, semua aplikasi yang kamu instal akan hilang. Tapi tenang, aplikasi tersebut bukan hilang selamanya, hanya sementara saat berada di Safe Mode saja. Jadi, saat di Safe Mode kamu bisa leluasa berpindah antar sistem aplikasi tanpa kendala, memudahkan kamu juga untuk mengecek atau membersihkan file-file tidak penting, seperti file cache.
Safe mode
Caramasuk ke Safe Mode tiap perangkat Android berbeda-beda. Namun, rata-rata adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume saat proses booting. Jika masih bingung, silakan Googling dengan keyword "Safe Mode (tipe Android)".
Safe Mode 2

  1. Cek aplikasi di Safe Mode
Saat berada dalam Safe Mode, silakan cek aplikasi yang terinstal. Caranya masuk ke Settings - Apps, lalu pilih tab Downloaded. Sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga di Safe Mode, tapi karena virus termasuk dalam sistem, maka virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga namun dapat menjalankan fungsi sistem. Jika Android kamu terinfeksi virus, maka akan muncul aplikasi asing yang tidak pernah kamu instal di Android kamu.
Safe Mode 3

  1. Hapus aplikasi mencurigakan
Jika kamu menemukan aplikasi mencurigakan tersebut, kamu klik aplikasi tersebut dan pilih Uninstall. Pada satu kasus, kamu mungkin menemukan aplikasi asing tersebut tidak dapat di-uninstall, karena aplikasi itu telah memberikan akses administrator.
Safe Mode 4

  1. Hapus akses administrator aplikasi asing
Saat menemukan aplikasi asing yang memberikan akses administrator pada dirinya sendiri, tugas kamu adalah menghapus akses administratornya. Caranya, keluar dari Application Settings, lalu masuk ke Settings - Security - Device Administrator. Hilangkan akses administrator aplikasi mencurigakan tersebut. Selanjutnya, kembali ke Application Settings dan periksa aplikasi mencurigakan tadi, harusnya sekarang kamu sudah bisa menghapusnya.
Safe Mode 5

  1. Keluar Safe Mode
Setelah proses penghapusan aplikasi mencurigakan selesai, selanjutnya kamu tinggal keluar dari Safe Mode. Caranya dengan melakukan proses Restart seperti biasa.
Safe Mode 6

Nah, mudah bukan cara menghilangkang virus di Android kamu? Tanpa Antivirus pun kamu bisa menghilangkan virus yang memperlambat kinerja Android kamu. Admin sarankan untuk selalu membuat back up dari data dan aplikasi yang kamu rasa penting setelah proses pemeriksaan dan penghapusan virus untuk berjaga-jaga.

Demikian informasi tentang Cara Menghapus Virus di Android. Maaf jika ada kekurangan, silahkan tambahkan beberapa kekurangan pada artikel di kolom komentar. Saya harap informasi ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment