18/06/2018

Menggunakan Fetch as Google Untuk Situs

Alat Fetch as Google memungkinkan Anda menguji cara Google meng-crawl atau merender URL di situs Anda. Anda dapat menggunakan Fetch as Google untuk melihat apakah Googlebot dapat mengakses halaman di situs Anda, caranya dalam merender halaman, dan apakah ada resource halaman (misalnya gambar atau skrip) yang diblokir untuk Googlebot. Alat ini menyimulasikan eksekusi crawling dan perenderan seperti yang dilakukan dalam proses crawling dan perenderan normal Google, dan dapat berguna untuk melakukan debug masalah crawling pada situs Anda.

Membuka Fetch as Google untuk situs
  1. Dalam kotak teks, masukkan komponen lokasi URL 
di situs Anda yang akan diambil oleh Googlebot, tergantung root situs. Dengan membiarkan kotak teks kosong, Anda akan mengambil halaman root situs. Misalnya, jika properti saat ini adalah http://example.com, permintaan untuk stores/indiana/1234.html akan mengambil http://example.com/stores/indiana/1234.html
Batasan pengambilan:
  • URL yang diambil terbatas untuk situs saat ini: misalnya, jika properti Search Console saat ini adalah ke http://example.com, Anda tidak dapat mengambil URL dari https://example.com atau http://m.example.com.
  • Proses pengambilan tidak mengirim cookie, informasi login, atau informasi status apa pun.
  • Proses pengambilan tidak akan mengikuti pengalihan. Jika Anda mengambil halaman dengan pengalihan, Anda harus mengikutinya secara manual seperti yang dijelaskan dalam deskripsi status pengambilan "Dialihkan" di bawah.
  1. Jika tidak, pilih jenis Googlebot yang Anda inginkan untuk melakukan pengambilan,Hal ini memengaruhi crawler yang melakukan pengambilan, serta perenderan untuk permintaan Ambil dan Render. Berikut jenis yang tersedia:
a. Desktop [Default] -
  • Untuk situs, menggunakan crawler Googlebot.
  • Untuk berita, menggunakan crawler Googlebot (bukan Googlebot News).
  • Untuk gambar, menggunakan crawler Googlebot Images.
  • Untuk video, menggunakan crawler Googlebot Video.
  • Untuk halaman dengan kode AdSense, menggunakan crawler Google AdSense.
  • Untuk halaman landing iklan, menggunakan crawler Google AdsBot.
b. Seluler: Smartphone
  • Saat ini - Menggunakan versi crawler Google Smartphone saat ini (tapi akan segera digantikan).
  • Mendatang - Menggunakan versi terbaru crawler Google Smartphone.
  1. Klik Ambil atau Ambil dan Render:
  • Ambil: Mengambil URL yang ditentukan di situs Anda dan menampilkan respons HTTP. Tidak meminta atau menjalankan resource apa pun yang dikaitkan (misalnya gambar atau skrip) di halaman. Ini merupakan operasi yang relatif cepat yang dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan atau debug konektivitas jaringan yang dicurigai atau masalah keamanan dengan situs Anda, serta melihat apakah permintaan berhasil atau gagal.
  • Ambil dan render: Mengambil URL yang ditentukan di situs Anda, menampilkan respons HTTP, serta merender halaman sesuai dengan platform yang ditentukan (desktop atau ponsel cerdas). Operasi ini meminta dan menjalankan semua resource di halaman (misalnya gambar atau skrip). Gunakan operasi ini untuk mendeteksi perbandingan visual antara cara Googlebot melihat halaman Anda dan cara pengguna melihat halaman Anda.
  1. Permintaan ini akan ditambahkan ke tabel riwayat pengambilan, dengan status "menunggu keputusan". Setelah permintaan selesai, baris akan menunjukkan apakah permintaan berhasil atau gagal serta beberapa informasi dasar. Klik baris pengambilan yang tidak gagal pada tabel untuk mendapatkan detail tambahan tentang permintaan, termasuk data dan header respons HTTP mentah, serta (untuk Pengambilan dan Perenderan) daftar resource yang diblokir dan tampilan halaman yang dirender.
  2. Jika permintaan berhasil dan lamanya kurang dari 4 jam, Anda dapat meminta Google untuk meng-crawl ulang dan mungkin mengindeks ulang halaman yang diambil, serta halaman lain tempat halaman yang diambil ditautkan.

Anda memiliki kuota harian sebanyak 10 pengambilan. Jika kuota hampir habis, Anda akan melihat notifikasi di halaman.

Status pengambilan permintaan
Tabel riwayat pengambilan di halaman utama menunjukkan 100 permintaan pengambilan terakhir. Untuk melihat detail bagi pengambilan yang telah selesai, klik baris yang sesuai di tabel riwayat pengambilan. Status pengambilan permintaan berikut dapat ditampilkan:
  • Selesai: Google berhasil menghubungi situs dan meng-crawl halaman Anda, serta dapat memperoleh semua resource yang dirujuk oleh halaman. Klik baris pada tabel untuk melihat detail selengkapnya tentang hasil pengambilan.
  • Parsial: Google mendapat respons dari situs Anda dan mengambil URL-nya, namun tidak dapat memperoleh semua resource yang dirujuk oleh halaman karena diblokir oleh file robots.txt. Jika ini hanya pengambilan, lakukan pengambilan dan perenderan. Periksa halaman yang dirender untuk melihat apakah ada resource signifikan yang diblokir yang dapat mencegah Google menganalisis arti halaman dengan semestinya. Jika resource yang signifikan diblokir, bebaskan resource di file robots.txt yang Anda miliki. Untuk resource yang diblokir oleh file robots.txt yang bukan milik Anda, hubungi pemilik situs resource dan minta mereka untuk membebaskan resource tersebut bagi Googlebot. Lihat daftar deskripsi error pengambilan resource.
  • Dialihkan: Server merespons dengan pengalihan. Alat Fetch as Google tidak mengikuti pengalihan. Meskipun crawler Google aktual mengikuti pengalihan, alat Fetch as Google tidak akan mengikutinya. Anda harus mengikuti pengalihan secara manual:
  • Jika pengalihan menuju ke properti yang sama, alat akan menampilkan tombol yang memungkinkan untuk mengikuti pengalihan secara cepat dengan mengisi kotak pengambilan dengan URL pengalihan.
  • Jika URL dialihkan ke properti lain yang merupakan milik Anda, klik "Ikuti" untuk otomatis mengisi kotak URL, lalu salin URL tersebut, alihkan tampilan ke situs baru, kemudian tempelkan URL ke kotak pengambilan.
  • Anda dapat menyelidiki respons HTTP di halaman detail pengambilan untuk melihat detail pengalihan. Temukan kode error HTTP untuk mempelajari lebih lanjut. Pengalihan dapat dipicu oleh server atau oleh tag meta atau JavaScript di halaman itu sendiri.
  • Jenis error tertentu... Error pengambilan jenis resource apa pun juga dapat berlaku untuk permintaan pengambilan seluruh halaman dan dapat ditampilkan dalam kolom status. Misalnya: Tidak ditemukan atau Tidak dapat dijangkau

Error dalam pengambilan resource
Jika status permintaan pengambilan adalah  Parsial, klik permintaan untuk membuka halaman detail permintaan. Tabel di halaman akan menampilkan daftar error yang terjadi. Umumnya, error disebabkan karena resource yang diblokir pada halaman. Error resource berikut dapat terjadi dalam permintaan pengambilan:
Status Penjelasan Catatan dan langkah selanjutnya
Tidak ditemukan Resource tidak dapat ditemukan (kode respons HTTP 404 atau 410). Error ini menunjukkan bahwa Anda mungkin melihat kode error HTTP 404 saat mengakses halaman menggunakan browser web.
Tidak diberi otorisasi Googlebot tidak diberi otorisasi untuk mengakses halaman (misalnya, jika halaman memerlukan sandi). Error ini menunjukkan bahwa Anda mungkin melihat kode error HTTP 403 saat mengakses halaman menggunakan browser web.
DNS tidak ditemukan Google tidak dapat mengambil resource karena nama domain tidak ditemukan. Pastikan Anda mengetik nama domain dengan benar (misalnya, www.example.com) sehingga Google dapat menemukan server situs Anda.
Diblokir Host resource memblokir akses untuk Googlebot dengan menggunakan file robots.txt. Resource yang diblokir dapat memengaruhi pemahaman Google tentang halaman, dan peringkat halaman untuk kueri tertentu. Resource yang diblokir memiliki nilai Keparahan yang memperkirakan pentingnya resource dalam pemahaman Google tentang halaman:
  • Rendah Resource yang tidak ada hanya memiliki sedikit pengaruh terhadap perenderan halaman.
  • Sedang Resource yang tidak ada memiliki beberapa pengaruh terhadap perenderan halaman; periksa halaman yang diambil untuk melihat apakah ketiadaan atau perbedaan dengan halaman aktual cukup signifikan dalam memengaruhi pemahaman Google terkait halaman.
  • Tinggi Resource yang tidak ada sangat memengaruhi halaman yang dirender dan mungkin akan mengubah cara Google mengindeks halaman Anda.
  • -- (Tanda setrip ganda) Error bukan resource yang diblokir.
Anda dapat menyelesaikan error ini dengan memperbarui file robots.txt. Jika alamat properti Anda berada di tingkat domain root (misalnya, www.example.com, bukan www.example.com/my_site/), Anda dapat menggunakan fitur Penguji robots.txt untuk mendiagnosis penyebab URL diblokir dari Google.
Robots.txt tidak terjangkau Googlebot tidak dapat menjangkau file robots.txt host resource. Jika hal itu terjadi, Google akan menghindari pemuatan resource apa pun dari host tersebut. Untuk menyelesaikan masalah ini, baca artikel Pusat Bantuan kami tentang cara membuat dan menguji file robots.txt.
Tidak terjangkau Host resource butuh waktu yang terlalu lama untuk membalas atau menolak permintaan. Periksa untuk melihat apakah server Anda aktif dan berjalan.
Untuk sementara tidak terjangkau 1) Fetch as Google saat ini tidak dapat mengambil URL Anda karena server membutuhkan waktu terlalu lama untuk membalas.
ATAU
2) Fetch as Google membatalkan pengambilan Anda karena terlalu banyak permintaan beruntun yang dilakukan ke server untuk URL yang berbeda.
Perhatikan bahwa URL bukannya tidak dapat dijangkau oleh semua produk Google-- URL hanya tidak dapat dijangkau oleh alat simulasi Fetch as Google.
Error Ada error tak ditentukan yang mencegah Google menyelesaikan pengambilan. Jika error ini terulang lagi, buat posting di Forum Bantuan Webmaster kami.

No comments:

Post a Comment