24/06/2018

Cara Mengatasi Kamera Error Pada Hp Samsung Galaxy

Cara Mengatasi Kamera Error Pada Hp Samsung Galaxy – Smartphone android dengan merek Samsung sudah sangat populer diseluruh dunia, karena smartphone satu ini sudah terkenal bandel dan awet dengan fitur kamera yang super bagus dibandingkan dengan smartphone lainnya. Namun dibalik kehebatannya tentu masih ada beberapa error salah satunya peringatan kamera gagal atau camera failed.

Kamera gagal ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya memori internal penuh, metode penyimpanan menggunakan memori exsternal atau aplikasi kamera tidak merespon. Sehingga kamera tidak bisa bekerja dan memberikan peringatan kamera gagal.

Tutorial ini saya buat sesuai dengan pengalaman pribadi, singkat cerita saya ingin memakai kamera untuk mengambil gambar di kantor kecamatan karena berbagai kepentingan. Dan ternyata disaat membuka kamera ada sebuah peringatan kamera gagal dengan layar hitam. Kurang lebihnya seperti gambar dibawah ini.
Kamera Gagal
Tetapi setelah saya perbaiki dengan berbagai ujicoba akhirnya sudah bisa digunakan lagi dengan baik. Sekarang kamera hp Samsung saya sudah tidak ada peringatan lagi. Smartphone yang saya gunakan adalah tipe Samsung Grand Prime. Namun tutorial ini bisa digunakan untuk semua tipe hp Samsung galaxy seperti seri J atau versi sebemumnya.

Cara Mengatasi Kamera Gagal di Semua Tipe HP Samsung
Berikut beberapa tips dan trik sederhana untuk mengetasi kamera gagal tanpa harus dibawa ke jasa service, sebaiknya coba beberapa cara berikut ini:

1. Menghapus Cache Kamera
Cache adalah berfungsi sebagai penyimpanan sederhana untuk mempercepat akses data, jika hal ini penuh maka akan mengalami beberapa eror pada kamera. Caranya cukup mudah silahkan masuk menu Setting/Pengaturan > Aplikasi > Manejer Aplikasi > kemudian cari Kamera.

Setelah terbuka tekan tombol Paksa Berhenti kemudian pilih Hapus Data. Cara sederhana ini biasanya sudah mengetasi kamera gagal. Namun jika masih tidak bisa ikuti langkah selanjutnya.

2. Kosongkan Ruang Penyimpanan.
Memori jika sudah penuh akan memberikan dampak yang kurang baik untuk ponsel, kamera juga memerlukan rung penyimpanan yang masih kosong untuk menyimpan hasil pengambilan gambar.

Silahkan cek momori penyimpanan hasil kamera (memori internal atau eksternal) dan pastikan ruang penyimpanan memori tidak terisi penuh. Jika benar-benar penuh silahkan hapus beberapa file atau aplikasi yang sudah tidak digunakan.

3. Copot Baterai
Trik ketiga ini bisa dikatan ampuh, disaat trik diatas tidak berfungsi saya mencoba untuk mencopot baterai dan membiarkan beberapa menit kemudian dipasang lagi dan akhirnya BERHASIL. Kamera sudah bisa digunakan lagi seperti biasanya.

Mencopot baterai adalah salah satu reset pengaturan handphone yang ringan, hal ini juga memberikan waktu hp untuk isirahat.

4. Reset Ulang (kembali pengaturan awal pabrik)
Jika trik 1-3 sudah tidak bisa, langkah pamungkas adalah dengan reset ulang smartphone. Langkah ini mengembalikan pengaturan seperti disaat membeli hp baru. Jadi jika ada beberapa eror yang disebabkan oleh aplikasi atau yang lainnya bisa berfungsi dengan baik.

Sebelum melakukan reset ulang sebaiknya backup terlebih dahulu semua file yang penting seperti kontak, gambar atau foto juga file penting lainnya.

Cara Backup Kontak
 Silahkan buka kontak >> Pengaturan >> Impot/ekspor kontak >> Ekspor ke kartu SD (dengan cara ini kontak sudah diamankan pada memori eksternal).

Cara Reset Ulang
Silahkan pilih Setting/pengaturan >> Cadangkan dan Reset >> Reset data pabrik.

Demikian cara mengatasi kamera gagal pada hp samsung, semoga masalahnya dapat teratasi dan kamera siap digunakan lagi.

Jika dari pembaca ada yang pernah mengalami hal ini dan bisa mengatasinya, silahkan ikut berbagi pengalaman melalui kolom komentar. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sumber

No comments:

Post a Comment