04/03/2019

Cara Membuat Link di Blog Sendiri Dengan Mudah

Cara Membuat Link di Blog Sendiri Dengan Mudah - Cara membuat tautan ini terasa akrab bagi blogger. Untuk Pemilik Blog, metode ini tampaknya wajib. Tetapi untuk pemula atau mereka yang masih ingin memasuki dunia blogging, beberapa memiliki atau bahkan tidak tahu apa itu Link. Dan manfaatnya mungkin juga tidak dipahami dengan baik. Ok kali ini Bedlimciti akan menjelaskan sedikit untuk memahaminya di dunia blogging. Manfaat tautan atau fungsi dalam Blog itu sendiri adalah untuk Pengunjung Langsung ke situs atau blog ke situs lain, yang memerlukan tautan atau dapat disebut sebagai tautan.
Link Blog

Cara Membuat Link di Blog Sendiri Dengan Mudah
Berbicara tentang cara membuat tautan, ada sejumlah hal yang harus Anda pahami, Tautan adalah istilah di dunia web untuk tujuan menghubungkan satu halaman web ke halaman lain baik di blog atau situs yang sama atau di antara situs yang berbeda, salah tautan dapat dibuat dengan program HTML satu wajib dan bahasa pemrograman standar yang menyusun situs atau halaman web, ada 2 jenis tautan yang kita tahu, yang pertama adalah tautan dofollow dan yang kedua adalah tautan nofollow, sedangkan struktur kode html untuk membuat tautan adalah sebagai berikut:
 
Link Dofollow
<a href='url' title='title_link' >anchor_text</a>

Link Nofollow
<a href='url' title='title_link' rel='nofollow>anchor_text</a>

Coba anda perhatikan tulisan yang berwarna merah dan tulisan yang berwarna biru diatas, tulisan yang berwarna biru adalah attribut sebuah link yang tidak boleh anda ubah, karena aturannya seperti itu, sedangkan tulisan yang berwarna merah adalah nilai attribut yang bisa anda ubah dan sesuaikan tergantung bentuk link seperti apa yang ingin anda buat, sebagai berikut:
  1. url : Silahkan anda masukan url atau alamat situs yang akan dituju ketika anda klik.
  2. title_link : Anda isi dengan satu atau beberapa kata yang mewakili isi dari artikel yang dituju.
  3. anchor_text : adalah text yang akan muncul untuk link tersebut yang bisa anda klik dan jika diklik maka akan menuju alamat situs yang anda masukan pada attribut url.

Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow
Linknya berada dibalik nofollow jika dilengkapi dengan atribut rel = 'nofollow', sedangkan jika tidak ada atribut atau ada atribut rel = 'dofollow' berarti link yang dimaksud adalah dofollow link.

Link dofollow dan nofollow di mata search engine seperti google akan dengan cara yang berbeda. Jika link yang anda buat adalah dofollow, maka secara langsung tidak menginstruksikan mesin pencari google, maka link ini dan beri point ke situs yang ditargetkan, sedangkan link nofollow, tidak, link dofollow akan bertambah halaman pagerank situs yang ditujunya dofollow tidak.

Cara Membuat Link di blogspot
Cara membuat link di blog bisa anda lakukan dengan 2 cara, bisa dengan menggunakan perintah kode html secara langsung seperti kode link diatas, atau bisa menggunakan tool bantu untuk membuat link, kedua cara itu sama, akhirnya akan menghasilkan perintah di Kode html untuk link, nampaknya bisa membuat link dengan kode html, bisa anda lakukan dengan yang di atas, sedangkan untuk membuat link diartikel anda buat secara tidak langsung dengan bantuan alat bantu blogger langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Pada editor blogger silahkan anda pilih atau block text yang ingin anda jadikan link, seperti contoh yang terlihat pada gambar dibawah ini:
Pada gambar diatas saya akan membuat text dengan tulisan belajar seo sebagai link, sorot tulisan tersebut kemudian , klik tombol dengan tulisan <b><u>Link</u></b>, akan muncul fasilitas untuk membuat link seperti gambar dibawah ini:
Penjelasan :
  1. Silahkan anda isi dengan anchor text atau tulisan yang inginkan muncul dan bisa diklik untuk link anda tersebut.
  2. Silahkan anda isi dengan alamat url yang ingin dituju ketika link diklik, bisa alamat url artikel yang masih terdapat dalam blog anda, atau alamat url situs atau blog diluar situs anda.
  3. Silahkan anda centang pada tulisan "Open this link in a new window" jika anda menginginkan ketika link diklik tulisan terbuaka bada tab baru di browser yang digunakan.
Centang juga pada tulisan "Add 'rel=nofollow attribut' jika anda menginginkan link yang anda buat nofollow, dan jangan centang jika link yang ingin anda buat dofollow. Jika semua sudah diisi, silahkan anda tekan tombol ok, sampai tahap diatas berarti anda sudah selesai membuat link pada artikel anda.

Kapan harus Membuat Link dofollow atau Nofollow
Mungkin juga menjadi pertanyaan anda mengenai kapan sebuah link harus dibuat dofollow dan kapan harus nofollow, pertimbangan yang bisa anda gunakan adalah, Jika url link tersebut menuju halaman lainnya dalam blog atau situs yang sama, atau link untuk meningkatkan page rank situs yang ditujunya sebaiknya anda buat dofollow, namun jika url link menuju situs orang lain atau artikel diluar situs yang bersangkutan yang bukan milik anda dan anda tidak menginginkan situs tersebut mendapatkan point dari situs anda sebaiknya gunakan nofollow.

Demikian informasi tentang Cara Membuat Link di Blog Sendiri Dengan Mudah. Maaf jika ada kekurangan, silahkan tambahkan beberapa kekurangan pada artikel di kolom komentar. Saya harap informasi ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment