19/09/2018

Cara Menghapus Cache Otomatis di Android

Cara Menghapus Cache Otomatis di Android  - Cache pada dasarnya membantu mempercepat proses transfer data baik di browser maupun aplikasi, tetapi di sisi lain juga membebani kuota memori. Itulah mengapa sebagian orang memilih mengosongkan cache dalam rentang waktu tertentu. Disertakan di Android.
Android
Mengosongkan cache tidak selalu harus menggunakan aplikasi. Sistem operasi Android telah menyiapkan alat default yang dapat digunakan untuk melakukan tugas. Nah, dalam tutorial ini kita akan membahas cara menghapus cache di Android menggunakan metode, yaitu tanpa menginstal aplikasi apa pun. Untuk menjaga kinerja ponsel Anda, alangkah baiknya menghapus file cache ini secara rutin minimal 7 hari. Produksi file cache akan luar biasa saat browsing di Internet atau membuka media sosial. Setiap halaman akan menghasilkan file cache, jadi dari file cache itu akan terus terakumulasi.

Cara Menghapus Cache Otomatis di Android
1. Hapus cache bisa dilakukan satu per satu, dan di sini kita bisa memilih aplikasi apa yang akan dihapus cachenya,
Caranya: Masuk ke menu Pengaturan - Manajer Aplikasi - Pilih aplikasi yang akan dihapus cachenya lalu Clear Cache.
Android
2. Untuk mengosongkan cache di semua aplikasi, Anda dapat menggunakan aplikasi App Cache Cleaner yang bisa Anda dapatkan secara gratis di playstore.

- Cara: Instal App Cache Cleaner, buka aplikasi setelah terinstal, semua aplikasi yang terinstal di memori perangkat dan ukuran Cachenya, klik Clear All untuk menghapus Cachenya sekaligus.
Android
- Kemudian pada tab File Sisa, untuk menghapus folder kosong yang tersisa. Klik Delete.

Dengan aplikasi ini Anda juga dapat mengatur Cache pada ponsel Anda dapat dibersihkan secara otomatis. Dengan memasuki menu Setting di kanan atas, lalu klik Auto Clear Interval, lalu pilih waktu.
Android
Sebenarnya untuk menghapus cache sekaligus pada ponsel android bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan tetapi cara ini hanya bisa dilakukan pada OS Android 4.2 jelly Bean Facebook, melalui menu Storage (Storage) dan pilih Data cache.

Demikian informasi tentang Cara Menghapus Cache Otomatis di Android. Maaf jika ada kekurangan, silahkan tambahkan beberapa kekurangan pada artikel di kolom komentar. Saya harap informasi ini bermanfaat.

1 comment:

  1. Saat Anda menghapus data aplikasi, pada dasarnya Anda membersihkan semua data pribadi yang pernah disimpan sejak Anda menginstalnya dan menggunakannya. Dengan kata lain, menghapus data aplikasi "mengatur ulang" aplikasi kembali ke keadaan semula saat pertama kali diinstal.

    ReplyDelete