14/10/2018

Cara Mengatasi Error Page Not Found 404

Terjadinya halaman 404 ditemukan kesalahan karena tidak menemukan link yang mengarah ke halaman yang disebabkan oleh link yang rusak atau telah dihapus. Mungkin untuk beberapa blogger terutama pemula, bila ada posting yang tidak sesuai dengan keinginan atau kesalahan artikel yang harus diedit tapi malah terhapus. Sebenarnya tidak salah juga hapus postingnya, tapi masalahnya tidak semua tahu bahwa ngehapus posting tidak akan langsung otomatis terhapus juga di halaman search engine.
Error Page 404
Jika Anda ingin menghapus tautan yang Anda miliki, maka itu juga harus dihapus di Google Webmaster Tools. Alasan mengapa harus dihapus di webmaster tools, karena jika artikel telah diposting dan dihapus di blog maka tidak akan langsung dihapus dari halaman hasil search engine, sehingga akan menyebabkan munculnya error page 404 ditemukan.

Jika terjadi kesalahan 404 pada halaman blog anda, maka akan sangat disayangkan. Sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada posisi di mesin pencari jika kesalahannya hanya sedikit, tapi kalau error ada banyak link maka sangat berpengaruh juga bagi para pengunjung karena mereka akan sangat kecewa dan akan meninggalkan halaman blog anda.

Cara Mengatasi Error Page Not Found 404
Cara menanganinya sebenarnya sangat mudah, tapi dengan sangat mudah terkadang terlalu meremehkan. Untuk mempersingkat waktu silahkan langsung mendengarkan langkah-langkah berikut ini:
  1. Login ke Google Webmaster Tools.
  2. Masuk ke menu "Google Index" lalu pilih "Remove URL" kemudian klik "Temporarily hide". Selanjutnya copy URL yang error dan faste pada kolom temporarily kemudian klik "Continue", lihat contoh seperti gambar dibawah ini.
    Remove URL
    1. Silahkan pilih "Request type" saya sarankan seperti contoh gambar dibawah ini,  kemudian klik tombol "Submit Request".
      Remove URL
      1. Jika Anda sudah malakukan request penghapusan, maka ditunggu saja nanti dari webmaster tools nya yang akan eksekusi penghapusan URL yang error.
        Remove URL
        1. Langkah yang terakhir silahkan masuk ke menu "Crawl" lalu klik "Crawl Errors", maka akan muncul URL yang bermasalah. Silahkan ceklis URL tersebut kemudian klik tombol "Mark As Fixed".
          Crawl Error
          Jika sudah melakukan langkah-langkah yang telah saya bagikan seperti di atas, maka dipastikan tampilan Error Page Not Found 404 sudah tidak muncul lagi. Demikian informasi tentang Cara Mengatasi Error Page Not Found 404. Maaf jika ada kekurangan, silahkan tambahkan beberapa kekurangan pada artikel di kolom komentar. Saya harap informasi ini bermanfaat.

          No comments:

          Post a Comment